Monday, August 05, 2013

Cerita tentang Datsun 2

Tulisan ini kelanjutan dari Cerita tentang Datsun

Kalau bagian ini mungkin kisah-kisah lucu nan teragis seputar datsun. Nih mulai dinget satu-satu deh...



Cerita 1

Sebenernya kalau ngingetin cerita ini rada sedih juga sih. Ada rasa penyesalan yang cukup mendalam. "Gomen Nasai" . Bukan maksud datsunnya di pakai seneng2 sama temen2 kantor tanpa mengindahkan yang punya untuk nyobain pertama kali. Tapi lantaran uji coba sekalian ke bengkel dan makan siang. Alhasil datsun mogok untuk pertama kalinya. Hahahha... kualat kali ya.

Sebut saja jalan Cilandak KKO persis di depan mall Cilandak, tempat itu menjadi saksi bisu mobil ini mogok untuk pertama kalinya di hari pertama mobil ini pindah tangan dari pemiliknya yang lama.

Entah apa yang membuat mobil ini mogok. Benar-benar buta. Untung saja ada si Zaka yang udah baik ngasih pertolongan dan mau ketiban report anter bolak balik ke bengkel Datsun. Untung letak bengkel di jalan Kahfi tak jauh dari Cilandak. Thanks ya zak, untung lagi ada jumper aki. Kalau enggak alamat dorong atau derek agak jauh.

Sebenernya ada lagi yang bikin kesel, nah pas mobil ini mogok, eh tiba-tiba mobil pemadam kebakaran lewat dan berhenti tepat di samping mobil datsun.  "Mau ditarik gak ??" kata si sopir mobil pemadam sambil senyum nyeleneh.

Kampret.... ngetrol bangat neh orang..... !!!




Cerita 2

Siapa yang gak seneng kalau ditengah jalan ada orang yang ngacungin jempol ke mobil kita. Ini bukan lantaran kita  ngasih jalan, tapi murni karena kagum sama mobil kita.

Waktu itu inget bangat pas malem-malem lagi disalah satu lampu merah. Tiba-tiba kendaraan disebelah kanan gw ngebuka kaca jendelanya dan senyum ke arah gw. Ditengah senyumnya dia mengacungkan jempolnya sambil sesekali melihat kearah mobil. "Mas mobilnya keren, masih orisinil kan ?" Gw jawab aja... makasih, semua masih original. Abis ini, tingkat kepercayadirian gw meningkat.


Cerita 3

Kalau cerita yang ini lagi-lagi soal mogok, ahahahha... namanya juga mobil tua. Ssst jangan bilang mobil tua di depan om lai, nanti dia marah... kalau mau tau, om lai itu yang punya bengkel datsun tempat dimana mobil gw di tune up.

Waktu itu jam menunjukkan pukul 10.30 - an, tiba tiba mobil gak mau digas, gigi gak bisa masuk, kopling diinjek lemah kayak bencong tanpa tulang. Untung aja lagi gak ditengah jalan padat. Hum dari kopling yang lemah itu, aku curiga kopling nya dol, sehingga perseneling gak ngangkat.

Alhasil, mobil diparkir disalah satu ruko yang gak berpenghuni. Untung saja aku tak sendiri kala itu. Kami pun bersigap untuk mencari bantuan secepatnya. Cukup jauh dari TKP, kami menemukan bengkel, ada dua bengkel bersebelahan, sayangnya setelah kami bujuk, tak satupun bengkel tersebut berbaik hati untuk membantu.

Pencarian pun kemudian dilanjutkan, kami berjalan cukup jauh, aha.... kawasan bengkel dan aksesoris mobil. Dengan muka sumringah kami kunjungi satu persatu bengkel yang ada disana. Tapi apa daya, mereka tidak bisa membantu karena alasan kami tidak punya sparepart datsun.

Ditengah kebingungan, akhirnya kami menemukan orang yang berbaik hati untuk membantu. Tak lama akhirnya dia mengecek kondisi mobil, ternyata master kopling atas dan bawah kena, sudah soak lantaran dimakan usia.

Namun setelah putar-putar beberapa bengkel sekitar, master kopling persamaannya pun tak bisa didapat. Yang bantu pun menyarankan kami untuk mencari sparepartnya di pasar kemayoran. Apa boleh buat, ini menjadi pengalaman pertama bagi ku untuk ngubek-ngubek pasar mobil dikemayoran.

Cukup lama kami mencari, hati sudah mulai gusar, ternyata kami temukan satu toko yang menjual sparepart datsun. Asoy, hari itu bagaikan menemukan sumber air ditengah gurun pasir. Sparepart pun berhasil didapat dan setelah beberapa percakapan dengan yang punya toko, aku baru tau ternyata om lai ambil sparepart pun dari toko ini.

Segera kami kembali ke TKP, dan menghubungi kembali yang bantu. Namun yang bantu datengnya cukup lama. Frustasi kami dibuat kala itu. Takut-takut dia tak kembali datang. Namun tepat pukul 18.00, mobil kami pun terselamatkan dengan sparepart yang baru. What a day !







5 comments:

  1. wah retro sekali Tur..
    dulu sempet pengen lagi punya mobil tua, gara2 liat gaya retro di Serigala Terakhir

    tapi karena kepikiran "gimana ngurusnya?" ... ya batal deh *pengalawan punya vw kodok dulu*

    ReplyDelete
  2. hi mas... iya nih, baru bisa lebih menghargai mobil setelah punya mobil tua. Emang agak repot, tapi pelan-pelan rapih dan bener juga kok. hehehhe...

    ReplyDelete
  3. Wah hebat banget ya mas catur, telaten banget :)) .Aku dulu sempet punya mobil tua 2x, emang sering mogok untungnya ada asuransi yg cover 24 jam emergency service jd ngga usah repot cari bengkel. Hehehhee :)

    ReplyDelete
  4. Wah hebat banget ya mas catur, telaten banget :)) .Aku dulu sempet punya mobil tua 2x, emang sering mogok untungnya ada asuransi yg cover 24 jam emergency service jd ngga usah repot cari bengkel. Hehehhee :)

    ReplyDelete
  5. sparepart model lawas gini,dijakarta di mana bro? atrium senen? duta mas ftwamti??

    ReplyDelete